Bersihkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami

http://www.azimasufi.blogspot.com/
ngeblogyuuk

Bookmark and Share

Bersihkan Kulit Wajah dengan Bahan Alami


Cuci muka

- Anda pernah mendengar pernyataan "jangan membersihkan wajah dengan sabun". Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Meskipun sabun-sabun yang dijual dipasaran saat ini banyak yang dibuat khusus untuk wajah, ternyata sebagian besar dapat berdampak negatif pada kulit.

"Sabun sebenarnya bisa mengurangi lapisan pelindung kulit dan membuatnya kehilangan kelembutan dan kekenyalan," kata Ellen Marmur, M.D., kepala divisi Dermatologis dan Bedah Estetis di Mount Sinai Medical Center, New York, Amerika serikat, seperti vivanews kutip dari Style.com.

Hal yang harus Anda ketahui dari kulit adalah stratum corneum, yang merupakan lapisan terluar dari kulit atau seing disebut juga kulit ari. Lapisan kulit tersebut sangat tipis, bisa dikatakan seperti kulit bawang. Saat menggunakan sabun, scrub, atau perawatan lain, stratum corneum inilah yang dibersihkan.

Perawatan tersebut memang menimbulkan efek segar dan bersih tetapi risiko lain juga cukup besar. Seperti kulit menjadi kemerahan, luka hingga kering. Hal itu bisa terjadi karena stratum corneum semakin tipis, dan tidak mampu bekerja secara efektif melindungi kulit karena pengggunaan obat atau sabun yang keras.

Jika selama ini Anda membersihkan wajah dengan sabun dan rasa kesat menjadi penanda bahwa wajah sudah bersih sebaiknya hati-hati. Kulit bisa menjadi kering dan mudah terkena iritasi. Untuk mengatasinya gunakan minyak alami pada wajah Anda, seperti minyak zaitun.

Membersihkan wajah menggunakan air hangat yang telah ditetesi minyak zaitun jauh lebih baik dibandingkan membersihkannya dengan sabun. Sediakan juga handuk atau kain berbahan lembut untuk mengeringkan kulit setelah dibilas dengan air.

"Air hangat dan kain berbahan lembut sudah cukup untuk mengangkat 99% kotoran yang menempel di wajah. Jika ingin mendapatkan wewangian tambahkan saja perasan jeruk lemon atau dedaunan favorit pada air hangat," kata Marmur.

Agar kulit lebih lembut, Anda bisa menggunakan masker madu atau telur secara teratur. Hal itu agar lapisan stratum corneum mampu bekerja lebih efektif sebagai pelindung kulit.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tip's Tubuh Bugar Berkat Buah Segar.

8 Pelindung Kulit dari Sengatan Matahari