Merkuri Bukanlah Penyebab Autisme?

http://www.azimasufi.blogspot.com/
ngeblogyuuk

Bookmark and Share

Merkuri Bukanlah Penyebab Autisme?

Anak Autis

VIVAnews - Kesimpulan tentang merkuri sebagai penyebab autis yang selama ini dipercaya banyak orang 'dipatahkan' dengan penelitian yang dimuat dalam jurnal Environmental Health Perspective pada 19 Oktober lalu.

Sebelumnya, sebuah penelitian mengungkapkan merkuri adalah 'biang keladi' autisme, karena kadar merkuri pada anak penderita autis sangat tinggi. Namun, pada penelitian terbaru ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan level merkuri pada anak yang normal dan anak penderita autis.

"Penelitian ini sangat penting untuk menjawab pertanyaan banyak orang, mengenai peran merkuri sebagai pemicu autisme pada anak," kata Dr. Patricia Manning-Courtney, kepala The Kelly O'Leary Center for Autism Spectrum Disorders di Cincinnati Children's Hospital Medical Center, Amerika Serikat seperti vivanews kutip dari Health.com.

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat perbandingan kadar merkuri pada anak yang menderita autis dan anak yang normal. Sebanyak 452 anak yang berusia antara 2 hingga 5 tahun dilibatkan dalam penelitian.

Sampel darah mereka diambil dan beberapa pertanyaan diajukan pada ibu-ibu mereka. Pertanyaan tersebut terkait kebiasaan makan saat hamil, penggunaan obat-obatan atau vaksin, serta produk kecantikan yang digunakan.

"Interpretasi dari penelitian memang menunjukkan tidak ada hubungan antara kadar merkuri dengan autisme. Tetapi, jika dilihat kembali kadar merkuri pada anak penderita autis lebih tinggi setelah terdiagnosa. Untuk lebih mendapatkan hasil yang akurat perlu dilakukan penelitian lanjutan," kata Sallie Bernard, kepala SafeMinds (Sensible Action for Ending Mercury-Induced Neurological Disorders), seperti vivanews kutip dari Health.com.

Yang jadi masalah, setelah penelitian ini polemik tentang penyebab terjadinya autisme pada anak tampaknya akan terus menjadi misteri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tip's Tubuh Bugar Berkat Buah Segar.

8 Pelindung Kulit dari Sengatan Matahari